Diberdayakan oleh Blogger.

Let's explore wonderful places around the world!

Foto saya
Never stop traveling, never ending fun. Live your life to the fullest!
RSS

DOMPU

Dompu merupakan sebuah kabupaten yang terletak di tengah Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Sejauh ini, Dompu kalah pamor dibanding dua tetangganya, Sumbawa dan Bima. Padahal kabupaten yang beribukota di Dompu ini pernah menggegerkan dunia berkat Gunung Tambora yang meletus hebat pada tanggal 5 April 1815. Selain itu, Dompu juga memiliki Pantai Lakey yang memiliki ombak hebat sepanjang tahun yang sangat terkenal di kalangan peselancar dunia. 

What to See
Pantai Neihu
Kawasan pantai ini akan Anda lewati bila melakukan perjalanan darat dari Sumbawa Besar ke Dompu atau sebaliknya. Jaraknya sekitar 30 km dari pusat Kota Dompu. Kawasan pantai di Teluk Saleh ini sangat cantik karena berada di bawah tebing perbukitan yang terjal dan berkelok-kelok. Dari pinggir jalan Anda bisa menikmati panorama pantai berwarna hijau toska dengan dikelilingi bukit-bukit tinggi. 

 Pantai Neihu

Pulau Nisa Pudu
Pulau kecil tak berpenghuni yang terletak di tengah Teluk Saleh, Desa Soro, Kecamatan Kempo. Untuk mencapai Pulau Nisa Pudu, Anda bisa menyewa perahu nelayan dari Desa Soro atau Desa Kwangko, dengan lama perjalanan sekitar setengah jam. Dengan pasir putih yang berkilauan dan panorama bawah laut yang menawan, pulau ini merupakan lokasi snorkeling yang sempurna. Siapkan peralatan snorkeling dan konsumsi yang lengkap bila berkunjung ke Nisa Pudu karena di pulau ini tidak ada tempat penyewaan peralatan snorkeling maupun warung penjual makanan.

Pantai Lakey
Salah satu pantai dengan ombak terbaik di Indonesia bahkan dunia. Berkat kehebatan ombaknya, Pantai Lakey terkenal ke berbagai penjuru dunia terutama di kalangan peselancar (surfer). Berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ombaknya hanya bisa dipakai untuk selancar pada bulan-bulan terntentu, ombak di Pantai Lakey bisa dipakai selancar sepanjang tahun. Setidaknya ada empat jenis ombak di Pantai lakey, yaitu Lakey Peak, Cobble Stones, Lakey Pipe, dan Periscope.

 Pantai Lakey

Gunung Tambora
Gunung Tambora merupakan salah satu gunung paling fenomenal di Indonesia yang terkenal sampai ke mancanegara berkat letusannya yang dahsyat pada tanggal 5 April 1815. Letusan Gunung Tambora merupakan letusan gunung berapi terbesar dalam sejarah yang menyebabkan perubahan iklim dunia. Selai itu, gunung setinggi 2.851 meter di atas permukaan laut ini merupakan gunung dengan kawah terluas di Indonesia. Lebar kawah Gunung Tambora mencapai 7 km dengan keliling kawahnya sepanjang 16 km dan jarak antara puncak dengan dasar kawah sedalam 800 meter.

Pulau Satonda
Pulau Satonda terletak sekitar 3 km dari Semenanjung Sanggar, Pulau Sumbawa. Secara administrative, Secara administratif, pulau seluas 4,8 kilometer persegi ini masuk ke dalam wilayah Desa Nangamiro, Kecamatan Calabai, Kabupaten Dompu. Keunikan pulau mungil ini adalah adanya danau berair asin di tengah pulau yang luasnya mencapai 84 hektar dengan kedalaman 86 meter yang masih menjadi misteri sampai sekarang. Selain itu, ada mitos yang mengatakan bahwa siapa saja yang menggantungkan batu pada ranting pohon di sekitar danau keinginannya akan terpenuhi. Tak heran jika ditemukan banyak batu yang diikat bergelantungan pada ranting-ranting pohon di sekitar pulau ini. 

 Danau Satonda

Where to Stay 
Kota Dompu
Hotel Rinjani
Jl. Jend. Sudirman, Dompu
Telp : (0373) 21445
Tarif : mulai Rp 75.000,00

Hotel Sahab
Jl. Soekarno - Hatta, Dompu
Telp. : (0373) 21577
Tarif : mulai Rp 60.000,00

Pantai Lakey
Aman Gati Hotel
 Jl . Raya Nangadoro - Hu'u, Pantai Lakey, Kec. Hu’u, Kab. Dompu
Telp. : (0373) 623031/32/34
www.hotelamangati.com
Tarif : mulai $ 39,00

Hotel Primadona
Jl. Raya Nangadoro - Hu'u, Pantai Lakey, Kec. Hu’u, Kab. Dompu
Telp : (0373) 623029/30
Tarif : mulai Rp 75.000,00

Where to Eat
Restoran Rinjani Jl. Jend. Sudirman, Dompu Menu : masakan nusantara Restoran Adhiyaksa Jl. Mahoni No. 24 Doro Tangga, Dompu Menu : masakan nusantara

How to Get There
Dari Jakarta Anda bisa naik pesawat jurusan Bima/Denpasar/Mataram(Lombok). Dari Denpasar/Mataram, lanjutkan perjalanan dengan pesawat ke Bima. Kemudian, dari Bima lanjutkan perjalanan ke Dompu dengan bus sekitar satu jam. Bila Anda terbang ke Mataram, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Dompu dengan bus, dengan waktu tempuh sekitar sepuluh jam. (edyra)*** 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar