Diberdayakan oleh Blogger.

Let's explore wonderful places around the world!

Foto saya
Never stop traveling, never ending fun. Live your life to the fullest!
RSS

REMBANG

Rembang terletak di pesisir utara Jawa Tengah. Di kota inilah pahlawan pejuang emansipasi wanita, R.A. Kartini dimakamkan. Selain makam R.A.Kartini, salah satu kota penghasil garam di Indonesia ini memiliki beberapa tempat menarik yang bisa menjadi alternatif tujuan wisata. Mulai dari pantai, pulau kecil, museum hingga klenteng.

What to See
Tambak Garam Kaliori
Di Kecamatan Kaliori terdapat tambak garam yang cukup luas, dengan total area tambak mencapai 771,44 hektar. Letaknya di pinggir Jalur Pantura, sehingga bisa ditemukan dengan mudah. Anda bisa menyaksikan hamparan garam yang luas dan aktivitas para petani garam  puluhan kincir angin bila Anda datang di musim kemarau. Di musim hujan tambak garam ini berubah menjadi tambak bandeng dan udang.

Pantai Kartini (Pantai Dampo Awang)
Taman Rekreasi Pantai Kartini berada di Desa Tasik Agung, Kecamatan Rembang, sekitar 500 meter dari alun-alun Kota Rembang. Bila Anda melintas di Jalur Pantura, pasti melewati pantai kebanggan Warga Rembang ini. Saat ini, pantai yang sekarang disebut Pantai Dampo Awang ini sudah dilengkapi berbagai fasilitas di antaranya kolam renang, kebun binatang mini, dan sejumlah permainan anak-anak.

Pulau Gede
Pulau ini berada tak jauh dari Pantai Kartini, tepatnya di Desa Tasikharjo, Kecamatan Kaliori. Meski namanya Pulau Gede, pulau ini berukuran sangat kecil, dengan luas hanya sekitar 1 hektar. Keistimewaan pulau ini adalah pantainya yang berpasir putih dan panorama bawah lautnya yang cukup indah. Anda bisa snorkeling untuk melihat ikan-ikan cantik dan beberapa jenis terumbu karang.

 
Pulau Gede

Museum R.A. Kartini
Museum R.A.Kartini berada di Jalan Gatot Subroto No. Rembang, tak jauh dari pusat Kota Rembang. Museum ini menempati rumah joglo yang dulunya adalah tempat tinggal R.A. Kartini. Di museum ini tersimpan benda-benda bersejarah peninggalan R.A. Kartini di antaranya buku, silsilah dan foto keluarga, ranjang, meja rias, dan seperangkat meja makan. Buku “Habis Gelap Terbitlah Terang” karya R.A. Kartini juga terdapat di sana. 

 
 Museum R.A. Kartini

Makam R.A. Kartini
R.A. Kartini wafat pada tnggal 17 September 1904 dan dimakamkan di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Rembang. Jaraknya sekitar  17,5 km dari pusat Kota Rembang. Di kompleks makam tersebut juga terdapat makam suami R.A. Kartini, R.M.A.A. Singgih Djojo Adhiningrat dan putra satu-satunya, R.M. Soesalit Djojo Adhiningrat serta makam keluarga Bupati Rembang pada masa kepemimpinan R.M.A.A. Singgih Djojo Adhiningrat.

Klenteng Tjo Hwie Kiong
Klenteng ini berada di Desa Tasikagung, Kecamatan Rembang, sekitar 1 km sebelah barat Pantai Kartini. Klenteng Tjo Hwie Kiong didirikan pada tahun 1841 oleh Kapiten Lie di lokasi yang tak jauh dari Sungai Karanggeneng dan menghadap ke laut. Klenteng ini mempunyai keistimewaan berupa dua menara yang disebut Kie Kwa, yang tidak terdapat pada klenteng-klenteng lainnya. Menara ini berfungsi sebagai petunjuk arah bagi para nelayan.

Klenteng Tjo Hwie Kiong

Where to Stay
Hotel Kencana
Jl. P. Diponegoro No. 79, Rembang

Hotel Rantina
Jl. Gatot Subroto No. 5, Rembang

Hotel Antika
Jl. Erlangga No.19, Rembang
http://antikahotel.blogspot.com

Where to Eat
Rumah Makan Maya
Jl. Untung Suropati No. 48, Rembang
Menu : Makanan khas Jawa dan makanan laut (sea food).

Rumah Makan Bu Joyo
Jl. Untung Suropati No. 27, Rembang
Menu : Makanan khas Jawa Tengah seperti : ayam goreng, ayam bakar, dan asem-asem.

Warung  Bu Slamet
Jl. Dr. Wahidin No. 9, Rembang
Menu : Sate Srepeh
Sate Srepeh adalah makanan khas Rembang berupa sate ayam yang disajikan dengan bumbu kacang dan saus santan gula merah, sehingga berwarna merah kecoklatan, dengan citarasa yang gurih dan pedas. Sate Srepeh di Warung Bu Slamet disajikan bersama nasi tahu dan sayur lodeh.

How to Get There
Mudah sekali mencapai Rembang, karena letaknya di Jalur Pantura. Anda bisa naik bus, kereta api atau pesawat dari Jakarta.Bila naik pesawat atau kereta api, Anda harus turun di Semarang, dan melanjutkan perjalanan ke Lasem dengan bus. Bila memilih naik bus, Anda bisa naik bus jurusan Rembang/Surabaya dari Terminal Pulo Gadung atau Lebak Bulus dan turun langsung di Rembang. (edyra)***

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar