Diberdayakan oleh Blogger.

Let's explore wonderful places around the world!

Foto saya
Never stop traveling, never ending fun. Live your life to the fullest!
RSS

LASEM

Lasem, kota kecil di pesisir utara Jawa Tengah, memiliki ciri khas bangunan kuno berarsitektur Tionghoa di setiap sudut kotanya. Oleh karena itu, Lasem mendapat julukan “Tiongkok Kecil.” Sejarah Lasem berawal dari kedatangan Bi Nang Un dan istrinya (Na Li Ni) dari Tionghoa pada abad XV. Na Li Ni berbaur bersama penduduk lokal mengembangkan budaya batik yang di kemudian hari terkenal sebagai Batik Lasem. Hal ini menjadikan sebagai salah satu kota batik terkenal di Indonesia.

What to See
Pantai Caruban/Gedong
Terletak di pesisir utara Pulau Jawa, membuat Lasem memiliki beberapa pantai yang cukup indah. Salah satu pantai yang layak untuk dikunjungi adalah Pantai Caruban/Gedong. Pantai ini berada sekitar 1 km di sebelah utara Jalan Raya Lasem, tepatnya berada di Dukuh Caruban, Desa Gedong Mulyo, Kecamatan Lasem sehingga sering disebut Pantai Caruban atau Pantai Gedong. Pantai berpasir kecoklatan ini sangat umun untuk mandi,berenang atau bermain air karena pantainya sangat landai dan dangkal sampai ke tengah laut.

Sentra Batik Tulis Lasem
Lasem terkenal akan keindahan batiknya yang unik dan eksotis. Akulturasi budaya lokal dan Tionghoa di Lasem melahirkan Batik Lasem dengan warna khas Tionghoa, merah darah ayam serta motif khas seperti naga, burung hong, bunga seruni, kilin, mata uang dan motif latohan. Kota ini memiliki beberapa sentra kerajinan batik tulis, di antaranya adalah Desa Babagan dan Desa Gedongmulyo.

 
Peta wisata batik Desa Babagan

Klenteng
Karena banyaknya etnis Tionghoa yang tinggal di Lasem, kota ini memiliki 3 buah klenteng yang menarik, yaitu Klenteng Cu An Kiong di Jalan Dasun Nomor 19, Klenteng Gie Yong Bio di Jalan Babagan Nomor 7, dan Klenteng Poo An Bio di Jalan Karang Turi VII Nomor 15. Ketiga klenteng tersebut masih terawat dengan baik dan masih digunakan untuk beribadah hingga sekarang. Namun, Anda bisa mengunjungi klenteng-klenteng tersebut karena terbuka untuk umum. 

 
Klenteng Cu An Kiong

Vihara Ratanavana Arama
Selain klenteng, di Lasem juga terdapat Vihara Budha yang cukup indah, yaitu Vihara Ratanavana Arama. Vihara ini terletak di Desa Sendangcoyo, sekitar 4 km dari Jalan Raya Lasem. Di vihara ini terdapat Patung Budha Tidur (Reclining Buddha) berwarna keemasan sepanjang 14 meter dan Miniatur Candi Borobudur yang bernama Candi Sudhammo Mahathera. Di candi ini terdapat makam Bhante Sudhammo, sang pendiri vihara.

 
Patung Budha Tidur di Vihara Ratanavana Arama

Makam Sunan Bonang
Makam Sunan Bonang berada tak jauh dari Jalur Pantura, tepatnya di Desa Bonang, Kecamatan Lasem. Selain makam salah satu anggota Wali Songo ini, di kompleks tersebut juga terdapat pasujudan Sunan Bonang (batu tempat Sunan Bonang melakukan ibadah sholat) dan makam Putri Campa.

 
Kompleks makam Sunan Bonang

Where to Stay
Lasem hanya memiliki tiga buah hotel melati yang sederhana. Pilihan hotel lebih banyak terdapat di Kota Rembang, sekitar 12 km di sebelah barat Lasem. Bila Anda tetap ingin menginap di Lasem, berikut hotel yang bisa Anda pilih :
Hotel Surya
Jl. Raya Lasem No. 9, Lasem

Hotel Wijaya
Jl. Raya Lasem No. 101-105, Lasem

Hotel Tasiksono Asri
Jl. Sunan Bonang, Lasem

Where to Eat
Restoran Pring Sewu
Jl. Raya Rembang - Lasem Km. 4, Lasem

Restoran Tasiksono Asri
Jl. Sunan Bonang, Lasem

Sentra Lontong Tuyuhan, Desa Tuyuhan
Lontong Tuyuhan adalah makanan khas Lasem yang berupa lontong yang disajikan bersama kuah ayam yang gurih dan pedas, mirip opor. Sentra Lontong Tuyuhan berada di Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang, sekitar 3 km dari Kota Lasem.

How to Get There 
Mudah sekali mencapai Lasem karena letaknya di Jalur Pantura. Anda bisa naik bus, kereta api atau pesawat dari Jakarta. Bila naik pesawat atau kereta api, Anda harus turun di Semarang, dan melanjutkan perjalanan ke Lasem dengan bus. Bila Anda naik bus, Anda bisa naik bus jurusan Lasem/Surabaya dari Terminal Pulo Gadung atau Lebak Bulus dan turun langsung di Lasem. (edyra)***

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

5 komentar:

Mia Halsen mengatakan...

Minta saran ... hotel di Rembang, dekat dengan pantai yang family friendly dgn fasilitas yg cukup, hotel apakah itu? Terima kasih.

Edyra Guapo mengatakan...

Hotel terbaru & recommended di Rembang : Fave Hotel. Letaknya di depan alun-alun Rembang & dekat dengan Pantai Kartini/Dampo Awang, Jl. Jend. Sudirman No.8, Rembang. Anda bisa cek di situsnya : http://www.favehotels.com

rita mustikasari mengatakan...

info di blog ini berguna. terimakasih sudah berbagi.

Kumbi mengatakan...

Hallo Masm

Kalau naik KA dari Jakartam berhentinya di Semarang Poncol atau Semarang Tawang?

Terima kasih

Edyra Guapo mengatakan...

Kelas eksekutif (argo) semua turun di Tawang, untuk kelas ekonomi ada yg turun di Poncol tapi sebagian besar turun di Tawang.

Posting Komentar