Diberdayakan oleh Blogger.

Let's explore wonderful places around the world!

Foto saya
Never stop traveling, never ending fun. Live your life to the fullest!
RSS

RUTENG


Ruteng adalah ibu kota Kabupaten Manggarai yang berada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Kota kecil ini terletak di kaki Gunung Ranaka sehingga udaranya sangat sejuk. 

What to See 
Sawah Lodok atau Sawah Laba-Laba
Sawah unik ini berada di Desa Cara, Kecamatan Cancar, Kabupaten Manggarai, sekitar 17 km sebelah barat Kota Ruteng. Sawah ini berbentuk lingkaran dengan petak-petak sawah yang mirip jaring laba-laba. Penduduk setempat menyebutnya Sawah Lodok, wisatawan asing menyebutnya Spider-Web Ricefield (Sawah Laba-laba). 

 

Liang Bua 
Liang Bua adalah sebuah gua di bukit kapur di Desa Liangbua, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai. Goa berukuran panjang 50 meter, lebar 40 meter, dan tinggi 25 meter ini terkenal sampai ke mancanegara setelah ditemukannya sebuah tengkorak manusia purba yang berukuran pendek (Homo floresiensis) pada tahun 2001. Fosil yang ditemukan pada kedalaman 6 meter ini memiliki ukuran kerangka otak 430 cc (manusia normal memiliki ukuran otak 1.400 cc) dan dinamai Homo floresiensis

 


Desa Compang Ruteng 
Desa tradisional yang berada tak jauh dari pusat Kota Ruteng. Salah satu daya tarik desa ini adalah Compang, yaitu suatu kompleks yang terdiri dari altar pemujaan arwah leluhur yang dikelilingi dinding batu dan dua rumah adat yang menghadap ke altar. Salah satu rumah adat itu dinamakan Mbaru Gendrang yang merupakan tempat pertemuan para tetua desa dan tempat dimulainya berbagai upacara adat. Rumah ini juga menyimpan berbagai pusaka adat yang dianggap suci salah satunya adalah penutup kepala berbentuk tanduk kerbau terbuat dari emas atau perak yang disebut Panggal yang digunakan saat pertarungan caci. 

Danau Ranamese 
Danau Ranamese berada di Desa Golo Loni, Kecamatan Borong, Kabupaten Manggarai Timur. Danau yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini, merupakan bagian dari Taman Wisata Alam Ruteng. Danau yang memiliki luas sekitar 5 hektar dan kedalaman 43 meter ini termasuk danau vulkanik. Dulunya, danau ini berupa kawah gunung yang tertutup air sehingga bagian tepi danau curam. 

 

Air Terjun Cunca Rede & Cunca Ncuar
Air terjun Cunca Rede dan Cunca Ncuar berada di Desa Sano Lokom, Kecamatan Borong. Kedua air terjun ini memiliki sumber air dari sungai yang sama tetapi terpisah pada bagian yang curam sehingga terbentuklah dua air terjun. Dari dua air terjun ini mengalir air yang cukup deras dan sangat sejuk karena langsung dari tengah hutan. Air terjun Cunca Rede memiliki tinggi 10 meter sedangkan Cunca Ncuar memiliki tinggi 15 m. Pemandangan di sekeliling air terjun ini sangat indah karena terdapat areal persawahan dan perkebun kopi milik warga sekitar. 

Where to Stay 
Hotel Rima
Jl. Ahmad Yani, Ruteng
Tarif : mulai Rp 75.000,00

Hotel Bunga
Jl. Merak Nekang, Ruteng
Tarif : mulai Rp 80.000,00

Hotel Dahlia
Jl. Bhayangkara No. 18, Ruteng
Tarif : mulai Rp 100.000,00

Where to Eat 
Rumah Makan Agape
Jl. Bhayangkari No. 18, Ruteng
Menu : Masakan Indonesia

Rumah Makan Lestari 
Jl. Komodo No. 2, Ruteng

Menu : Masakan Jawa

Rumah Makan Padedoang
Jl. Adi Sucipto No. 3, Ruteng
Menu : Masakan Padang  

How to Get There
Tidak ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Flores. Anda harus terbang dulu ke Denpasar atau Kupang. Dari Kupang, Anda bisa melanjutkan penerbangan langsung ke Ruteng. Sedangkan dari Denpasar, Anda harus terbang ke Labuan Bajo (kota terdekat dengan Ruteng). Dari Labuan Bajo, Anda bisa melanjutkan perjalanan darat ke Ruteng dengan bus atau menyewa kendaraan. Perjalanan darat Labuan Bajo - Ruteng memakan waktu sekitar 4 jam. (edyra)*** 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Armin Thundang mengatakan...

Baca tulisan ini, jadi ingat dengan rumah dan bentangan alam yang indah di Ruteng - Manggarai.

Salam Blogger: Nara Reba Manggarai

Edyra Guapo mengatakan...

Thanks udah mampir ke blogku. Flores memang luar biasa indah. Dari Labuan Bajo sampai Maumere (belum pernah ke Larantuka) semuanya menakjubkan. Asli Ruteng kah?

Posting Komentar