Diberdayakan oleh Blogger.

Let's explore wonderful places around the world!

Foto saya
Never stop traveling, never ending fun. Live your life to the fullest!
RSS

NUSA PENIDA

Nusa Penida merupakan pulau kecil yang berada di sebelah tenggara Pulau Bali dan dipisahkan oleh Selat Badung. Di dekat pulau ini terdapat dua pulau yang lebih mungil, yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan. Berbeda dengan dua pulau tetangganya yang sudah ngetop dan ramai dikunjungi turis, Nusa Penida masih minim turis. Padahal pulau seluas 200 km persegi ini, tak kalah menariknya dengan dua pulau tersebut. Nusa Penida memiliki beragam pesona yang masih benar-benar sepi dan alami, belum terjamah hingar-bingar industri wisata. Pantai sebening kristal, penangkaran Burung Jalak Bali hingga panorama bawah laut yang memukau, semua ada di Nusa Penida. 

What to See 
Pantai Toyapakeh
Pantai ini berada di Desa Toyapakeh, tak jauh dari Dermaga Banjar Nyuh. Bila Anda naik kapal cepat (speed boat) dari Pantai Sanur, Anda akan berlabuh di pelabuhan ini. Selain pasir putih dan air lautnya yang biru jernih, keistimewaan Pantai Toyapakeh adalah alam bawah lautnya. Anda bisa snorkeling dan diving (menyelam) dengan nyaman di pantai ini tanpa harus takut terseret ombak atau arus.  

 Crystal Bay

Crystal Bay 
Inilah pantai paling tersohor di Nusa Penida. Nama aslinya sebenarnya adalah Pantai Penida tapi lebih terkenal dengan sebutan Crystal Bay. Nama ini diberikan oleh para turis karena kejernihan airnya yang seperti kristal. Meski letaknya cukup tersembunyi, Crystal Bay sangat terkenal di kalangan para diver (penyelam) dan snorkeler karena keindahan panorama bawah lautnya. Di pantai ini bisa dijumpai Ikan Mola-Mola (Sunfish) yang biasa muncul di Bulan Agustus sampai Oktober setiap tahunnya. Selain itu, Crystal Bay juga lokasi favorit para peselancar (surfer) berkat kedahsyatan ombaknya.

 Pasih Uwug

Pasih Uwug
Pasih Uwug berasal dari Bahasa Bali yang artinya laut yang rusak. Meski artinya kurang bagus, tempat ini sangat menarik. Pasih Uwug terletak di Dusun Sompang, Desa Bunga Mekar. Pantai ini mirip Uluwatu di Bali, dengan panorama laut lepas dan tebing-tebing tinggi. Yang unik dari Pasih Uwug adalah adanya laguna kecil seluas 2 hektar yang terhubung ke laut lepas melalui sebuah terowongan. Terowongan tersebut membentuk jembatan gantung sepanjang kurang lebih 50 meter. Pada bulan-bulan tertentu (Juli-Agustus), terlihat ikan pari manta (Manta birostris) yang berenang di laguna tersebut.

 Pantai Paluang yang eksotis, mirip Navagio Beach di Yunani

Pantai Paluang
Pantai Paluang merupakan pantai sempit yang tersembunyi di teluk kecil, di antara tebing-tebing tinggi dengan ketinggian lebih dari seratus meter. Pantai yang mirip dengan Pantai Navagio di Yunani (yang termasuk salah satu pantai tercantik di dunia) ini, terletak di Dusun Karang Dawa, Desa Batumadeg. Untuk mencapai bibir Pantai Paluang, diperlukan nyali tinggi dan tenaga prima karena Anda harus menuruni tebing sempit yang sangat tinggi, dengan kemiringan hampir 90 derajat. Bagi yang fobia ketinggian, cukup memandangi keindahan pantai ini dari atas tebing. Laut biru, tebing-tebing terjal dan beberapa pulau karang unik sudah cukup menyejukkan mata. 

 Batu Abah di Pantai Atuh

Pantai Atuh
Pantai ini terletak di ujung tenggara Nusa Penida, tepatnya di Desa Pejukutan. Untuk mencapai pantai ini memang butuh perjuangan karena akses jalan buruk dan medan yang sulit. Jalan aspal hanya sampai Dusun Atuh, Desa Pejukutan. Dari dusun ini, Anda harus jalan kaki sekitar 1,5 km melewati jalan setapak berbatu dan menuruni tebing yang sangat curam. Keunikan Pantai Atuh adalah letaknya yang tersembunyi di balik tebing curam sehingga belum diketahui banyak orang. Selain itu, di sana terdapat sebuah pulau karang yang bentuknya unik, bernama Batu Abah. 

 Burung Jalak Bali di FNPF

Friends of National Parks Foundation (FNPF)
Ingin melihat Burung Jalak Bali, satwa endemik Bali yang terancam punah? Di FNPF ini tempatnya. Friends of National Parks Foundation merupakan lembaga nirlaba (non profit) yang bergerak di bidang konservasi dan pelestarian satwa langka. Lembaga yang memiliki beberapa cabang di Indonesia ini didirikan oleh para dokter hewan dan pecinta satwa langka pada tahun 1997. Salah satu kegiatan FNPF yang berada di Desa Ped, Nusa Penida ini adalah melakukan konservasi Burung Jalak Bali (Leucopsar Rotschildi) yang terancam punah. 

Puncak Mundi
Merupakan titik tertinggi di Pulau Nusa Penida. Di desa yang terletak 500 meter di atas permukaan laut ini, Anda bisa melihat panorama menakjubkan sekeliling Nusa Penida dan Gunung Agung di Bali yang berdiri menjulang. Selain, itu juga terdapat Pura Puncak Mundi dan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) dengan beberapa kincir anginnya yang unik. 

Goa Giri Putri 
Goa ini berada di Dusun Karang Sari, Desa Suana. Terletak di lereng bukit dengan ketinggian 150 meter di atas permukaan laut, membuat Anda harus mendaki 110 anak tangga untuk mencapai mulut goa. Di dalam goa yang panjangnya sekitar 310 meter ini, terdapat stalaktit dan stalakmit yang cukup indah serta mata air yang dikeramatakan penduduk setempat. Selain itu, juga terdapat Pura Goa Giri Putri yang menjadi tempat sembahyang umat Hindu. Jadi, Anda harus memakai busana yang sopan untuk memasuki goa ini. 

Where to Stay 
Ring Sameton Inn
Jl. Raya Ped - Sampalan, Desa Ped, Nusa Penida
www.ringsameton-nusapenida.com
Tarif : Mulai $ 50

FNPF Visitor Centre and Guest House 
Jl. Raya Ped – Sampalan, Desa Ped, Nusa Penida
www.fnpf.org
Tarif : Sukarela

Losmen Tenang 
Jl. Raya Pelabuhan Toyapakeh, Toyapakeh, Nusa Penida
Tarif : Rp 50.000,00

Nusa Penida Guest House
Jl. Raya Pelabuhan Sampalan, Sampalan, Nusa Penida
Tarif : Rp 150.000,00.

Where to Eat
Tidak banyak restoran/rumah makan di Nusa Penida. Yang ada hanya restoran (warung makan) sederhana. Untuk muslim, pilihan paling aman adalah warung-warung makan di Kampung Muslim Toyapakeh. Di sana banyak warung makan sederhana dengan harga yang bersahabat. Menu makannya antara lain : nasi campur, nasi goreng, ayam bakar, ikan bakar, soto ayam dan bakso. 

How to Get There
Ada tiga cara untuk menuju Nusa Penida. Bisa melalui Pantai Sanur, Desa Kusamba ataupun Pelabuhan Padang Bai, dengan penjelasan sebagai berikut : 
  • Cara tercepat adalah dengan naik kapal cepat (speed boat) dari Pantai Sanur, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit (tergantung cuaca) dan harga tiket Rp 65.000,00 per orang. Tiap hari ada dua kali keberangkatan (jam 08.00 dan jam 15.00) dan kapal akan mendarat di Dermaga Banjar Nyuh, Desa Toyapakeh, Nusa Penida. 
  • Cara yang lebih murah adalah dengan naik perahu motor dari Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, dengan harga tiket Rp 15.000,00 per orang. Perahu berangkat setiap jam 07.00 pagi dan akan mendarat di Pelabuhan Mentigi, Sampalan. Waktu tempuh 1.5 - 2 jam (tergantung cuaca). 
  • Bila Anda ingin membawa kendaraan ke Nusa Penida, Anda bisa naik Fery Nusa Jaya Abadi dari Pelabuhan Padang Bai dengan harga tiket Rp. 15.000,00 per orang, sepeda motor Rp. 20.000, dan mobil Rp. 180.000,00. Fery berangkat dari Pelabuhan Padang Bai jam 13.00 dan akan mendarat di Pelabuhan Sampalan, Nusa Penida. Waktu tempuh 1,5 - 2 jam (tergantung cuaca). (edyra)***

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

4 komentar:

made yasa mengatakan...

keren.. jadi pengen pulang cepet ke desaku Karang Dawa..

Artem mengatakan...

Where to Stay
Desa Batu Nunggul,Banjar Sampalan
Nusa Garden Bungalow
http://nusapenida.ucoz.com/index/accommodation/0-16

miss_nidy mengatakan...

Nice post!
Btw mau tanya, kalo public boat dari Sanur biasanya berlabuh di Nusa Penida di pelabuhan apa ya? Apa selalu di Dermaga Banjar Nyuh? Saya simak kayaknya banyak banget pelabuhan di Nusa Penida. Thank you in advance

Edyra Guapo mengatakan...

Sekarang ada banyak pilihan kapal ke Nusa Penida dari Sanur. Ada yang berlabuh ke Banjar Nyuh, Sampalan, dan lainnya.

Poskan Komentar