Diberdayakan oleh Blogger.

Let's explore wonderful places around the world!

Foto saya
Never stop traveling, never ending fun. Live your life to the fullest!
RSS

SUMBAWA BARAT

Sumbawa Barat merupakan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Sumbawa pada tanggal 18 Desember 2003. Wilayahnya berada di ujung barat Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat yang terkenal panas dan gersang. Namun, di balik kegersangan alamnya, kabupaten yang beribukota di Taliwang ini menyimpan sejumlah potensi wisata, di antaranya pantai-pantai perawan dan pulau-pulau kecil yang menawan. Bila Anda penggemar pantai-pantai sepi nan alami, luangkan waktu untuk menjelajah Sumbawa Barat. 

What to See 
Pantai Poto Tano
Pantai ini berada di dekat Pelabuhan Poto Tano, gerbang masuk Pulau Sumbawa dari arah barat. Anda pasti akan melihat pantai cantik ini, bila naik fery dari Pelabuhan Kayangan, Lombok. Pasir putih, air laut sebening kristal, dan bukit-bukit gersang adalah daya tarik utama Pantai Poto Tano. Pesona lainnya berupa pulau-pulau kecil yang bertebaran di sekitar pantai. Aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di pantai ini adalah berenang, berjemur atau sekedar bermalas-malasan di tepi pantai. 

 Pantai Poto Tano

Pulau Kenawa
Pulau seluas 13,8 hektar ini berada tak jauh dari Pelabuhan Poto Tano. Dengan perahu motor, Anda bisa mencapai pulau ini dalam waktu sekitar 15 menit saja. Seperti pulau-pulau kecil kebanyakan, pantai di Pulau Kenawa juga berpasir putih dengan air laut hijau toska. Yang istimewa dari pulau ini adalah panorama bawah lautnya. Dengan snorkeling beberapa meter dari bibir pantai saja, Anda bisa melihat beragam terumbu karang dan ikan cantik aneka warna. Puas snorkeling, Anda bisa mendaki ke puncak bukit dan bersiaplah terpukau melihat panorama menawan di hadapan Anda. 

 Dermaga Pulau Kenawa

Air Terjun Kalela
Air terjun ini terletak di Desa Jereweh, Kecamatan Jereweh. Selain Kalela, air terjun ini memiliki beberapa nama, antara lain : Air Terjun Ai Koa, Air Terjun Jantup, dan Air Terjun Semporon Tangkil. Air Terjun Kalela bentuknya sangat unik, tidak seperti air terjun kebanyakan. Air Terjun Kalela jatuh dari sebuah tebing batu yang berundak-undak dan berongga mirip gua. Di tebing tersebut tumbuh beberapa pohon yang menjulang tinggi dengan akar-akar panjang yang merambat di sekitar air terjun. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam berwarna hijau, yang biasa digunakan untuk mandi penduduk setempat. Bagi Anda yang ingin menguji adrenalin, bisa meloncat dari tebing ke kolam atau bergelantungan dulu di akar pohon kemudian meloncat ke dalam kolam dan berenang-renang di sana. 

 Air Terjun Kalela

Pantai Maluk 
Inilah pantai paling terkenal di Sumbawa Barat yang sering dikunjungi turis, baik turis lokal maupun turis asing. Letaknya di sebuah teluk, di Desa Maluk, Kecamatan Jereweh. Selain keindahan alamnya, Pantai Maluk terkenal akan kedahsyatan ombaknya yang dijuluki “Super Suck” oleh para peselancar (surfer) sehingga diburu para peselancar dari berbagai negara. Setiap tahunnya digelar kejuaraan selancar tingkat internasional di pantai ini. 

 Pantai Maluk

Pantai Sekongkang
Meski letaknya di ujung tenggara Pulau Sumbawa, Pantai Sekongkang cukup terkenal di kalangan peselancar berkat kehebatan ombaknya yang dijuluki “Ombak Yoyo”. Selain itu, Pantai Sekongkang juga tempat yang tepat untuk menyaksikan matahari tenggelam (sunset) karena lokasinya menghadap ke barat dan dipagari bukit-bukit kokoh di salah satu sudut pantainya. 

 Pantai Sekongkang

Where to Stay
Grand Royal Taliwang Hotel***
Jl. Bung Hatta No.1, Gerbang KTC, Taliwang
www.grandroyaltaliwang.com
Tarif : mulai Rp 600.000,00

Hotel Mawis
Jl. Jend. Sudirman, Taliwang
Tarif : mulai Rp 100.000,00

Hotel Tubalong
Jl. Jend. Sudirman, Taliwang
Tarif : mulai Rp. 60.000,00

Baku Dapa Maluk Resort
Jl. Pasir Putih, Maluk
Tarif : mulai Rp 200.000,00

Tropical Beach Resort 
Pantai Sekongkang, Kecamatan Sekongkang
Tarif : mulai Rp 600.000,00

Where to Eat
Rumah Makan Sari Rasa
Jl. Raya Telaga Baru, Taliwang (Depan SMAN 1 Taliwang)
Menu : Nasi Campur, Rawon, Soto Ayam, Ayam/Ikan Goreng Lalapan, dan lain-lain.

Rumah Makan Telaga Garden
Jl. Raya Telaga Baru, Taliwang (Samping SMAN 1 Taliwang)
Menu : Balado Kikil, Singgang Taliwang, Nasi Goreng Spesial, Ayam/Ikan Goreng Lalapan, dan lain-lain.

Lesehan Sayang Anak 
Jl. Raya Taliwang - Balat, Taliwang 
Menu : Makanan khas Sumbawa, di antaranya adalah Ayam Tuning (ayam bakar/goreng mirip Ayam Taliwang). 

Getting There
Bila Anda berangkat dari Jakarta atau kota-kota lain di Pulau Jawa, sebaiknya Anda terbang menuju Mataram, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dari Mataram, dibutuhkan waktu sekitar empat jam untuk sampai ke Pelabuhan/Pantai Poto Tano, dua jam perjalanan darat dan dua jam perjalanan laut. Anda bisa naik bus dari Mataram sampai ke Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur. Selanjutnya, Anda tinggal naik ferry selama sekitar satu setengah sampai dua jam hingga tiba di Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa dan Anda pun siap menjelajah alam Sumbawa Barat. (edyra)***

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Edyra Guapo mengatakan...

Terima kasih udah mampir ke blog saya!

Posting Komentar