Diberdayakan oleh Blogger.

Let's explore wonderful places around the world!

Foto saya
Never stop traveling, never ending fun. Live your life to the fullest!
RSS

BAJAWA


Bajawa merupakan ibu kota Kabupaten Ngada yang terletak tepat di jantung Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Kota ini berada di ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan air laut, sehingga udaranya sangat sejuk. Menurut penduduk setempat, nama Bajawa berasal dari kata “Ba” dan “Jawa.” Ba artinya mangkok, dan Jawa artinya Pulau Jawa. Maksudnya, Bajawa merupakan kota yang berada di dalam cekungan/lembah dan penduduknya banyak yang berasal dari Pulau Jawa. Meski letaknya terkurung di tengah Pulau Flores, Bajawa sering dikunjungi turis (terutama turis asing) karena kota ini mempunyai sejumlah tempat menarik mulai dari kawah warna-warni, air terjun, sumber air panas hingga desa tradisional dengan adat dan budayanya yang unik. 

What to See 
Kawah Wawo Muda 
Kawah Wawo Muda berada tak jauh dari pusat Kota Bajawa tepatnya di Dusun Ngoranale, Kelurahan Susu, Kecamatan Bajawa. Kawah ini terbentuk setelah Gunung Wawo Muda meletus pada tahun 2001. Akibat letusan tersebut, terbentuklah beberapa kawah dengan air kawah yang berwarna-warni dan berubah-ubah. Saat ini, tersisa tiga kawah dengan warna yang berbeda-beda, yaitu merah kecoklatan, kuning, dan coklat. 


Air Terjun Ogi
Mungkin inilah satu-satunya air terjun di Indonesia, yang letaknya sangat dekat dengan pusat kota. Air Terjun Ogi terletak di Desa Faobata, Kecamatan Bajawa. Jaraknya hanya sekitar 7 km dari pusat Kota Bajawa, sehingga mudah untuk mencapainya. Air Terjun Ogi memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan debit air yang cukup besar. Panorama di sekitar air terjun sangat indah dan masih alami.
 
 


Kampung Bena
Kampung tradisional yang unik ini terletak di Desa Tiworiwu, Kecamatan Jerebu'u, Kabupaten Ngada. Kampung yang berada di kaki Gunung Inerie ini jaraknya sekitar 19 km dari Kota Bajawa atau setengah jam berkendara. Keunikan Kampung Bena adalah bentuk rumahnya yang seragam dengan dinding terbuat dari bambu dan kayu serta atap dari ijuk. Warga Kampung Bena masih memegang teguh adat dan budaya leluhurnya meski zaman sudah modern.


Air Panas Mengeruda
Air Panas Mengeruda merupakan sumber air panas alami yang terletak di Desa Mengeruda, Kecamatan Soa atau sekitar 25 km dari Kota Bajawa. Di kompleks air panas ini telah dibangun berbagai fasilitas untuk turis, antara lain : kolam renang, restoran, toilet, dan ruang ganti. Berendam di Air Panas Mengeruda dengan suhu sekitar 40 derajat Celcius tentunya sangat menyenangkan. Selain menghilangkan pegal-pegal, Air Panas Mengeruda dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit karena mengandung belerang. 


Taman Laut 17 Pulau Riung
Nama taman laut ini memang belum setenar Taman Laut Bunaken atau Raja Ampat. Namun, panorama bawah lautnya dijamin tak kalah indah. Puluhan pulau kecil berpasir putih dengan air laut hijau toska siap menanti untuk dijelajahi. Bagi pecinta snorkeling dan diving (menyelam), inilah salah satu surga bawah laut yang harus Anda kunjungi.

 Pantai berpasir putih di Pulau Rutong, Taman Laut 17 Pulau Riung

Where to Stay
Hotel Bintang Wisata
Jl. Palapa No. 4, Bajawa
Tarif : mulai Rp 135.000,00

Hotel Edelweis 
Jl. Ahmad Yani, Bajawa
Tarif : mulai Rp 150.000,00

Hotel Happy Happy 
Jl. Sudirman, Bajawa
Telp. : (0384) 21763
www.hotelhappyhappy.com
Tarif : mulai Rp 300.000,00

Where to Eat
Camelia Restaurant
Jl. Ahmad Yani, Bajawa
Menu : Masakan Indonesia dan Internasional

Lucas Restaurant
Jl. Ahmad Yani No. 6, Bajawa
Menu : Masakan Indonesia dan Internasional

Rumah Makan Garuda
Jl. Basuki Rahmad, Bajawa
Menu : Masakan Indonesia

How to Get There 
Untuk mengunjungi Bajawa, Anda harus terbang dulu menuju Denpasar atau Kupang. Dari Kupang, lanjutkan perjalanan dengan pesawat menuju Bajawa atau Ende (kota terdekat dengan Bajawa). Kalau dari Denpasar, Anda hanya bisa terbang ke Ende. Dari Ende, Anda harus melanjutkan perjalanan darat sekitar tiga jam menuju Bajawa. Dari Bajawa, Anda bisa mejelajah berbagai tempat wisata di Kabupaten Ngada dengan menyewa kendaraan atau naik ojek. Sebenarnya Anda bisa naik kendaraan umum tapi saya tidak menganjurkan karena kendaraan umum di Bajawa belum menjangkau semua tempat wisata yang ada di wilayah Kabupaten Ngada dan waktu beroperasi kendaraan umum pun sangat terbatas. (edyra)*** 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Traveler mengatakan...

Cost perjalanan darat dari ende ke bajawa brp ya mas?

Edyra Guapo mengatakan...

Maaf, saya kurang tahu besarnya biaya bus dari Ende ke Bajawa karena dulu saya membawa kendaraan pribadi. Yang pasti terjangkau kok. Kayanya di bawah Rp 100.000,00.

Posting Komentar